Seniman Korea Beraksi di Indonesia



Edwin’s Gallery memamerkan beberapa karya-karya para perupa Korea beraliran contemporary art. Bagi Edwin’s Gallery yang tak lain adalah salah satu Indonesian Contemporary Art Gallery, aktivitas ini bukan yang pertama kalinya. Sebelumnya, pada tahun 2008 dan 2011, Edwin’s Gallery membuat pameran tunggal karya-karya seni patung gubahan Yi Hwan kwon. Pematung ini dengan pendekatan visualnya yang unik – berbasis realistic, menyerupai bayangan, atau refleksi dalam kaca yang dianggap fenomenal.
Pameran karya para perupa muda Korea kali ini menghadirkan karya dari 12 perupa (muda usia), dengan pendekatan visual yang variatif. Karya-karya dua dimensional (lukisan, atau multi media), dan karya-karya tiga dimensional, menunjukkan gejala visual masa kini; yang ditandai dengan pilihan bentuk sederhana,dan tema-tema yang tak terlalu rumit.
Gerak seni rupa Kontemporer Korea sangat dinamis. Hal semacam ini terjadi antara lain karena terdukung oleh fasilitas (infrastruktur) yang mapan dan saling mendukung, sebutlah dari pendidikan seni rupa, galeri seni rupa, museum seni rupa, event-event prestisius (seperti Busan Biennale, Busan Sculpture Project, jaringan, kritikus, curator, kolektor yang mapan dan saling menopang.
Mobilitas seniman, baik horizontal maupun vertical, mendapatkan ruang dan jalan yang kompetitif. Atmosfir kreatif yang baik aspek penciptaan, maupun penyelenggaraan event untuk memperoleh ruang dan dukungan dari banyak pihak. Institusi yang berpotensi memiliki kaitan erat dengan aktivitas seni rupa, misalnya penerbangan, bank, industri media, property, dan semua menjadi pendukung (sponsor) yang serius. Baca artikel menarik lainnya Patung Dalam Contemporary Art

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More