Siam Niramit, Pertunjukan Teater Terbesar di Dunia

Siam Niramit adalah Show paling spektakuler di Bangkok yang menampilkan cerita sejarah kerajaan, adat istiadat, dan budaya di Thailand. Show ini terdaftar di Guinness World Records, sementara Badan Pariwisata Thailand, Tourism Authority of Thailand (TAT) tahun 2010 menobatkan Siam Niramit sebagai pertunjukan akbar terbaik di Bangkok.

Secara keseluruhan, show berjudul “Journey to The Enchanted Kingdom of Siam" ini mengisahkan tentang sejarah kerajaan Siam hingga akhirnya berdiri negara Thailand . Cerita dimulai dari berdirinya Kerajaan Ayutthaya yang menjadi cikal bakal Kerajaan Thai pada pertengahan abad ke 14. Kota Ayutthaya adalah kota tempat Raja Thailand pertama bergelar Rama I memimpin rakyatnya. Thai sendiri berarti kebebasan. Pada tahun 1932 sebuah revolusi tak berdarah terjadi dan menyebabkan dimulainya monarki konstitusional. Sebelumnya dikenal dengan nama Siam, negara ini mengganti nama internasionalnya menjadi Thailand pada tahun 1939. Rangkaian cerita juga mengisahkan datangnya pedagang dari Tiongkok dan India yang banyak mempengaruhi kebudayaan Thailand.

Pertunjukan budaya kolosal yg berdurasi 80 menit ini sangat mengundang decak kagum. Baik dari totalitas para pemainnya yang mencapai 150 pemain dengan 500 kostum, maupun keindahan dan kreativitas tata panggungnya. Sejak pertama kali diperkenalkan tahun 2005 lalu, gedung pertunjukan megahberkapasitas 2000 seat ini selalu dipadati pengunjung. 

Yang menarik, pertunjukkan Siam Niramit dapat dikemas sedemikian rupa hingga menjadi tontonan seni tradisional yang sangat elegan dan tidak membosankan. Bayangkan, penonton dibuat terpukau dengan panggung yang dapat berubah setting dalam hitungan detik. Padahal setting yang ditampilkan mempunyai tingkat artistik tinggi.

Sebagai ilustrasi, ketika penonton tengah dibuai dengan setting istana, tiba-tiba panggung berganti dengan suasana pesisir pantai lengkap dengan perahu yang tengah ditumpangi seorang biksu. Dalam hitungan detik kemudian, sudah berganti suasana alam pedesaaan dan tak lama berselang, turun hujan yang mengubah hamparan padi hijau menjadi menguning dan siap dipanen. Belum lagi setting surga begitu indahnya dilengkapi bidadari melayang-layang di awang-awang.

Owner Siam Niramit, Ratchade Niramit Company Limited, tidak tanggung-tanggung mengelola pertunjukan ini menjadi satu tontonan yang layak dijual. Dengan investasi 40 million USS /1,5 Billion Baht/Rp 450 miliar, Siam Niramit kini menjadi andalan wisata Thailand. Dengan tiket masuk 1500 baht (Rp450.000), bisa dibayangkan berapa pendapatan devisa negara yang mengalir dari pertunjukan ini. Di lokasi tersedia fasilitas restoran dan souvenir shop.

Karena keunikannya, kunjungan ke Siam Niramit masuk sebagai itinerary wajib jalan-jalan ke kota ini. Untuk menikmati pertunjukkan kolosal sepanjang ini, ada beberapa tips untuk memaksimalkan pengalaman agan selama berada di sini. 

1. Beli tiket di agen travel yang banyak terdapat di stasiun BTS atau berbagai kawasan turis. Harganya lebih murah bila membeli langsung di website www.siamniramit.com

2. Perhatikan komponen jasa pada tiket yang kamu beli. Terdapat beberapa pilihan, dengan fasilitas makan malam dan antar jemput. Jika kamu ingin berhemat, beli tiket pertunjukkan saja.

3. Pilih bangku yang mana saja. Panggung yang sangat besar membuat pertunjukkan ini dapat dinikmati dari seluruh bagian teater dengan baik.

4. Teater Siam Niramit dapat dijangkau dengan mudah dari stasiun BTS Phaya Thai. Dari sini ada jemputan gratis menuju Siam Niramit.

5. Jangan lupa makan malam. Pertunjukkan Siam Niramit cukup panjang, sehingga kamu harus memiliki energi yang cukup untuk menikmatinya. Di seputar stasiun Phaya Thai banyak penjaja makanan seperti pad thai dan tom yum goong yang harganya dibawah 50 baht per porsi.

6. Datang lebih awal. Pertunjukkan memang baru dimulai pukul 8 malam, tetapi sebenarnya ada pertunjukkan outdoor serta kampung kecil dimana kamu dapat melihat kehidupan masyarakat tradisional dari empat wilayah yang juga cukup menarik untuk dinikmati. Ada juga fasilitas pijat khas Thailand yang dapat kamu nikmati.

7. Bawa kamera untuk mengabadikan berbagai kegiatan budaya, sebelum akhirnya dititipkan sebelum masuk ke pertunjukkan Siam Niramit. Ya, karena alasan keamanan dan hak cipta, penonton wajib menitipkan kamera di konter yang telah disediakan.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More