Da Vinci Code

http://hermawayne.blogspot.com

Di antara 9 film Hollywood paling kontroversial, inilah film yang paling kontroversial, karena film yang diangkat dari novel karya Dan Brown yang juga kontroversial, Da Vinci Code, membuat marah umat Nasrani di seluruh dunia sehingga syuting dan launchingnya saja didemo. Film ini bertutur tentang pembunuhan terhadap seorang orator museum yang akhirnya mengungkap suatu misteri yang tak bisa diterima umat Nasrani, yakni bahwa Maria Magdalena adalah istri Yesus, dan Yesus punya keturunan. Padahal selama ini umat Kristen meyakini kalau Maria Magdalena tak lebih dari seorang pelacur.

Film itu menelan biaya produksi 125 juta dolar. Setelah pemutaran perdana di Festival Film Cannes, Kamis lalu, film itu diedarkan di 90 negara, termasuk Indonesia. Kami berpendapat bahwa berbagai protes dan publisitas luas telah menyukseskan pemasaran film itu. Tekhnik marketing kah?Kontroversi yang merebak menjelang pemutaran The Da Vinci Code mengingatkan orang pada The Passion of the Christ.
Saat dirilis Februari 2004, film arahan Mel Gibson itu mendulang 84 juta dolar di Amerika Serikat.
Sampai kini film itu telah mengumpulkan total pendapatan 612 juta dolar dari pasar internasional.
Usai pemutaran perdana di Cannes, sebagian besar kritikus menilai buruk film itu. Mereka umumnya menilai novel The Da Vinci Code lebih memukau ketimbang filmnya.
Sony menekankan, film The Da Vinci Code hanya hiburan. Dan, unsur hiburan itulah yang ditangkap Roger Ebert, pengamat film terkenal Amerika. Dia menyatakan film itu sangat menghibur

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More