Mengulik kebiasaan John Petrucci


Arpeggio merupakan salah satu teknik dalam bermain gitar, namun tidak semua gitaris bisa memainkan teknik ini secara bersih, hal tersebut diungkapkan gitaris progresif rock dream theater John Petrucci. Saya selalu merasa frustrasi ketika saya mendengar seseorang berbicara tentang teknik arpeggio. Meskipun saya banyak melihat contoh-contoh diluar sana.
Berikut adalah teknik Sweep Arpeggio dengan suara yang jenih, menurut John Petrucci.
Cara terbaik untuk belajar sweep picking adalah untuk pertama adalah menguasai teknik secara terpisah setelah itu mengkoordinasikannya. Mari kita mulai dengan tangan kanan. Pada dasarnya, Anda harus membiarkan "jatuh" memilih dari string ke string seperti jika Anda memetik akord.
Jangan mencoba untuk memisahkan stroke pick! Teknik ini terasa aneh pada awalnya, tapi membayangkan tangan kanan sebagai Slinky yang turun dari langkah ke langkah-hanya membiarkannya jatuh. Ketika melakukan sebuah sapuan upstroke, tarik ke atas pick atas senar.
Sekarang mari kita lihat di sebelah kiri. Untuk menggunakan teknik menyapu, Anda hanya dapat memainkan satu nada per string. Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, Anda perlu untuk menonaktifkan setiap string dengan tangan kiri langsung setelah dipetik untuk menjaga kualitas suara yang dihasilkan tidak saling tumpang tindih satu sama lain dan terdengar seperti akord memetik biasa.
Perhatikan GAMBAR 1 adalah tanpa nada-suara menyapu memetik latihan yang dirancang untuk mengkoordinasikan tangan kiri mematikan dan kanan teknik menyapu(memetik). Lakukan perlahan-lahan sampai anda dapat memainkannya dengan cepat dan menghasilkan suara yang jernih.

Mari kita lihat contoh dari teknik bergulir, menggunakan bentuk triad utama pada D, G dan B string 
(Gambar 2).

2 komentar:

Saya mau tanya nih min. Sekarang saya sedang melatih teknik alternate picking. Misalnya hari ini saya sudah bisa mencapai kecepatan yg di target kan menggunakan metronom. Tapi waktu besok ny saya coba lagi, ternyata kecepatan itu susah untuk di dapat lagi. Jadi harus ngulang lagi dari pelan2 seperti kmarin baru dapet lagi. Tiap hari begitu terus. Saya jadi bingung. Kalo begini gimana bisa tetap stabil kecepatan nya. Tolong dibantu kasi masukan ny min.
Atau dari admin ad masukkan metode latihan seperti apa yg lebih efektif.

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More