Lukisan the Spear



Lukisan kontroversial yang dibuat oleh pelukis Brett Murray. Lukisan itu merupakan lukisan "The Spear", yang menggambarkan bagian genital presiden Afrika Selatan Jacob Zuma. Selama ini Murray memang dikenal sebagai pelukis yang penuh kontroversi dan bernuansa politis. Sebenarnya, lukisan itu sendiri telah terjual seharga US$ 14 ribu atau sekitar RP 129 juta. Atas lukisan itu, Presiden Jacob Zuma pun kesal dan mengajukan gugatan kepada Murray. Sidang perdana awalnya akan digelar 24 Mei 2012. Namun, sidang ini kemudian ditunda hingga Juni untuk penyelidikan lebih lanjut. 
Lukisan itu memang dinilai mengkritik Zuma sebagai seorang pelaku poligami. Tapi Murray selaku sang pelukis mengatakan tidak berniat meledek siapapun. "Lukisan saya hanya hanya bentuk humor satir terhadap kekuatan politik dan patriarki dalam konteks karya seni lain dalam pameran, dan dalam konteks yang lebih luas di Afrika Selatan," klaimnya.

Lukisan kontroversial yang dipajang di Galeri Goodman di Afrika Selatan itu sempat rusak akibat aksi vandalisme. Lukisan itu dirusak oleh seseorang yang menggunakan jaket dan tiba-tiba masuk, lalu mulai mencoret tanda silang berwarna merah di bagian wajah dan genital pada lukisan. Tak lama kemudian, seseorang lain yang menggunakan hoodie masuk dan menggoreskan tinta hitam ke wajah dan tubuh Zuma. Setelah itu, orang itu menurunkan lukisan tersebut. 



0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More